Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

MADRASAH AL-FATIH

Kecaman Rasulullah Terhadap Ilmu Yang Tidak Bermanfaat

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam memperingatkan kepada umatnya agar selalu was-was terhadap ilmu yang tidak bermanfaat. Hal tersebut ditegaskan dalam do'a yang sering beliau ucapkan sebagaimana berikut :

Muslim meriwayatkan kisah dari Zaid bin Arqam radhiyallahu 'anhu sebagai berikut, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam selalu berdo'a, "Ya Allah, aku sungguh berlindung kepadamu dari ilmu yang tidak bermanfaat, hati yang tidak, khusyuk, jiwa yang tidak puas, doa yang tidak terkabulkan."

Ilmu yang tidak bermanfaat atau ilmu yang tercela yaituilmu yang menimbulkan bahaya bagi pemiliknya atau bagi orang lain, karena sesuatu yang menjadi perantara terjadinya kejahatan adalah kejahatan pula. Maka mempelajari ilmu tipu daya, ilmu untuk berbuat kerusakan, dan cara untuk mengambil hak orang lain adalah tercela. Begitu pula ilmu yang secara langsung maupun tidak mengarah kepada kemungkaran lebih baik tidak dipelajari.

Hadits di atas menegaskan kedudukan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam sebagai guru yang seluruh perilaku dan tuturnya merupakan pengajaran, baik bagi mereka yang sudah berpengetahuan maupun yang belum, agar mereka tidak mempelajari atau mengajari suatu ilmu kecuali terdapat manfaat didalamnya. Adapun ilmu tersebut dikatakan bermanfaat apabila ia sejalan dengan syari'at islam.

---------------------
sumber : ar-Rasul al-Mu'allim. Abdul Fattah Abu Ghuddah, hal. 19

Post a Comment for "Kecaman Rasulullah Terhadap Ilmu Yang Tidak Bermanfaat"