Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

MADRASAH AL-FATIH

Kesaksian Sejarah Atas Sempurnanya Pengajaran Rasul


Selain al-Qur'an dan Hadits, sejarah juga mencatat bahwa Rasulullah adalah seorang guru dan pengajar yang serba bisa. Sejarah ummat manusia sebelum dan pasca kerasulan Muhammad, memberikan kesaksian dan bukti paling nyata akan hal tersebut.

Tokoh-tokoh pendidikan yang hidup setelah masa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam merupakan bukti paling kuat untuk menunjukkan betapa agungnya sang guru dan pendidik besar ini.

Lahirnya para sahabat dan tabiin yang cerdas dan bijaksana adalah bukti lain kesuksesan Rasulullah dalam mengajar dan mendidik. Hal itu bisa dibuktikan dengan membandingkan kondisi mereka sebelum dan setelah kehadiran beliau. Sebab, para sahabat merupakan bukti hidup atas keagungan satu-satunya guru dan pendidik paling hebat ini.

Ini mengingatkan kita pada sebuah ungkapan yang sangat indah dari para ahli ilmu ushul berikut : "Seandainya Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam tidak punya mukjizat kecuali para sahabatnya yang mulia itu, sungguh itu sudah cukup untuk menegaskan status kenabiannya".

------------------
sumber : Muhammad Sang Guru. Abdul Fattah Abu Ghuddah, hal. 11

Post a Comment for "Kesaksian Sejarah Atas Sempurnanya Pengajaran Rasul"