Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kisah Ditemukannya Kepala Yahya bin Zakariya

Zain bin Waqid ditunjuk oleh al-Walid sebagai penanggung jawab para pekerja dalam pembangunan masjid jami' Damaskus. Ketika itu Zaid bin Waqid menemukan semacam gua dan ia langsung melaporkannya kepada al-Walid. Pada malam harinya, khalifah menemui Zaid bin Waqid dengan membawa lilin dan turun ke dalam gua. 

Ternyata gua tersebut adalah sebuah gereja kecil berukuran 3x3 hasta dan di dalamnya ada sebuah kotak. Ketika kotak itu dibuka, didalmnya terdapat benda seperti botol tempat wewangian. Di dalam benda seperti botol tersebut terdapat kepala Nabi Yahya bin Zakariya, di situ tertulis, "ini adalah kepala Yahya bin Zakariya". 

Kemudian al-Walid memerintahkan agar kepala itu dikembalikan ke tempatnya semula dan ia berkata, "buatlah tiang di atasnya yang berbeda dari tiang-tiang lainnya". Lalu mulailah di atasnya di buat tiang untuk botol kepala.

Di dalam riwayat lain dari Zaid bin Waqid disebutkan bahwa tiang tempat ditemukannya kotak tersebut terletak di bawah salah satu tiang penyangga kubah. Zaid bin Waqid menambahkan, "Terdapat kulit kepala dan rambutnya".

al-Walid bin Muslim meriwayatkan bahwa Zaid bin Waqid berkata, "Akku pernah melihat kepala Yahya bin Zakariya saat dikeluarkan dari satu wadah dari kulit bambu yang ada di majelis Bajilah. Lalu kepala itu dipendam di bawah tiang al-Kasah". 

al-Auza'i dan al-Walid bin Muslim berkata, "Tiang al-Kasah adalah tiang ke empat yang berbentuk lingkaran".
Wallahu a'lam

Tag : Kisah ditemukannya Jenazah Yahya bin Zakariya

--------------------
sumber : kisah-kisah unik islami. Hasan Ramadhan, hal. 19

Post a comment for "Kisah Ditemukannya Kepala Yahya bin Zakariya"

KISAH UNGGULAN
Kisah Serbuk Kayu Berubah Menjadi Gandum
KISAH UNGGULAN
Kisah Roti Yang Ia Sedekahkan Berubah Menjadi Manusia
KISAH UNGGULAN
Ia Mencungkil Matanya Karena Berbuat Dosa