Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kisah Kemunculan Hewan az-Zarnab Membuat Gempar Kota Baghdad


Pada pertengahan tahun 304 H, tersiar berita bahwa di kota Baghdad muncul seekor binatang yang di sebut az-Zarnab (cerpelai). Ketika malam tiba, binatang ini berkeliaran untuk memangsa bayi-bayi yang masih memiliki tali pusar, menyerang orang-orang dan payudara wanita.

Orang-orang menempelkan logam di atas balkon-balkon rumah untuk menjauhkan binatang itu. Malam-malam di seluruh kota Baghdad tak pernah sepi dari penggembaraan az-Zarnab. Setiap orang tua pun membuatkan tempat perlindungan untuk anak-anaknya dari pelepah dan selainnya.

Situasi kacau ini digunakan dengan baik oleh para pencuri. Mereka mencari kesempatan dalam kesempitan. Pencurian pun merajalela di Kota Baghdad.

Menghadapi situasi ini Khalifah al-Muqtadir yang pada saat itu memimpin sekelompok prajuritnya untuk menangkap anjing laut dan menyalibnya di atas jembatan agar orang-orang menjadi tenang.

Semenjak disalibnya anjing laut itu, orang-orang merasa tenang dan tentram terbebas dari gangguan binatang aneh tersebut. (al-Bidayah wa Nihayah : XI/143)

------------------
sumber : kisah-kisah unik. Hasan Ramadhan, hal.13

Post a comment for "Kisah Kemunculan Hewan az-Zarnab Membuat Gempar Kota Baghdad"

KISAH UNGGULAN
Kisah Serbuk Kayu Berubah Menjadi Gandum
KISAH UNGGULAN
Kisah Roti Yang Ia Sedekahkan Berubah Menjadi Manusia
KISAH UNGGULAN
Ia Mencungkil Matanya Karena Berbuat Dosa