Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

MADRASAH AL-FATIH

Kisah Mata Senantiasa Menangis Karena Takut Kepada Allah


Diriwayatkan dari Abdurrahman bin Yazid bin Jabir, dia berkata, Aku bertanya kepada Yazid bin Martsad, "Mengapa aku tak pernah melihat matamu berhenti menangis?"

ia balik bertanya, "Apa urusanmu mengetahui sebabnya?"

maka aku katakan, "Semoga saja Allah memberi manfaat dari pertanyaanku ini."

ia berkata, "Sesungguhnya Allah mengancam aku jika mendurhakai-Nya, Dia akan memasukkanku ke dalam Neraka. Demi Allah, sekiranya Dia hanya mengancamku dengan sekedar menahanku di kamar mandi saja, niscaya itu sudah cukup membuatku akan terus menangis hingga air mataku kering."

Kemudian aku bertanya, "Seperti ini juga dalam kesendirianmu ketika bermunajat?"

ia menjawab, "Demi Allah, pernah piring makanan - ketika ia sedang makan bersama keluarganya - di letakkan di hadapanku lalu aku menangis, hingga keluargaku ikut menangis, begitu juga anak-anakku. Hanya saja mereka tidak mengerti apa sebab kita semua menangis.

Dan demi Allah, sering sekali aku ingin bersenang-senang dengan istriku, akan tetapi saat ia di depanku, aku urung mendekati istriku. Bahkan di antara keluargaku ada yang berkata 'Alangkah malangnya istrimu, tidak memiliki kesempatan untuk berbahagia bersamamu dengan sebab tangismu yang berkepanjangan. Tidak mendapatkan kebahagiaan selama hidup bersamamu'."

---------------------------------

Apa ibrah kisah tersebut?



  1. perbanyaklah menagis karena takut kepada Allah. Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,      
عَيْنَانِ لاَ تَمَسُّهُمَا النَّارُ عَيْنٌ بَكَتْ مِنْ خَشْيَةِ اللَّهِ وَعَيْنٌ بَاتَتْ تَحْرُسُ فِى سَبِيلِ اللَّهِ
“Dua mata yang tidak akan tersentuh oleh api neraka yaitu mata yang menangis karena takut kepada Allah dan mata yang bermalam (begadang) untuk berjaga-jaga (dari serangan musuh) ketika berperang di jalan Allah.” (HR. Tirmidzi. Hadits ini shohih ligoirihi –yaitu shohih dilihat dari jalan lainnya- , sebagaimana dikatakan oleh Syaikh Al Albani dalam Shohih At Targib wa At Tarhib no. 1229)
        2. Tambahkan di kolom komentar jika ada ibrah lainnya.

----------------------------------

sumber : 99 Kisah Orang Shalih, Muhammad bin Hammid Abdul Wahab

Post a Comment for "Kisah Mata Senantiasa Menangis Karena Takut Kepada Allah"