Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kisah Siapa Yang Bertakwa Kepada Allah Akan Allah Beri Jalan Keluar



Diceritakan oleh Amirul mukminin al-watsiq dari al-mu’tashim. Dia mengatakan bahwa ada seseorang (Abdullah) yang sedang melakukan perjalanan. Namun perjalanannya cukup jauh dan harus menyeberangi lautan. Zaman dahulu belum ada pesawat terbang temen-temen, jadi harus pakai kapal layar. Akhirnya Abdullah bersama dengan kawan-kawannya, berlayar mengarungi lautan dengan membawa uang sebanyak sepuluh ribu dinar. Ketika ia dengan kawan-kawannya sampai ditengah lautan, tiba-tiba ada suara yang menyeru namun tak kelihatan siapa yang menyeru.

Suara itu menyeru “hai kalian ... kalian kalian ..!
Orang-orang yang ada dikapal layar bingung, “hey-hey ada suara... mana itu dengerin”
Suara itu menyeru kembali “hai kalian... kalian..! siapakah yang mau aku beritahu sebuah kalimat yang dengan kalimat itu tidaklah ada satu kesulitan pun melainkan Allah akan memberikan jalan keluarnya. Akan tetapi imbalannya adalah uang 10.000 dinar”
-- Temen-temen, orang-orang yang ada di kapal layar tidak ada yang menjawab kecuali Abdullah –

“baiklah saya bersedia!” jawab Abdullah.

Suara itu berkata “kalau begitu lemparkanlah uang 10.000 dinar itu ke laut”
-- Maka si Abdullah pun mengangkat uang 10.000 dinar itu, eeppp.... cukup berat temen-temen uang sebanyak itu. Setelah itu dilemparkanlah ke laut byur..... terjadilah ombak karena beratnya uang itu –

Setelah itu lantas Abdullah berkata “apa kalimat itu?” Suara itu menjawab “ucapkanlah olehmu waman yattaqillaha yaj'allahu makhroja ... ath thalaq : 2). Mendengar kalimat itu teman-teman Abdullah tertawa seraya mencemooh “jiaaahaahaha... kalau Cuma kalimat itu mah kita semuanya sudah hafal... tapi sayang uang mu sudah hilang, kasian!”

Temen-temen, Belum selesai mereka menertawakan dan mencemooh tiba-tiba datanglah badai angin yang sangat kencang dan menghantam kapal mereka. Sehingga kapal mereka pecah, hancur luluh lantak. Semua orang tenggelam kedalam laut, kecuali Abdullah. Ia berpegangan pada potongan kayu dan menaikinya sambil terus mengucapkan waman yattaqillah ... terus berenang sambil mengucapkan waman yattaqillah ....

Tiba-tiba disk, ternyata dia sudah terdampar disebuah tempat. Ditempat itu terdapat gedung yang sudah tua, banyak sarang laba-labanya, dan juga ada seorang peremuan cantik yang sedang duduk. Ketika Abdullah terdampar dengan keadaan setengah tak sadarkan diri tiba-tiba perempuan itu menghampirinya dan berkata “siapa engkau, mengapa engkau ada disini?!”

Lalu diceritakanlah “tadi begini-begini, kami sedang berlayar tiba-tiba ada suara yang menyeru tiba-tiba dan kemudian ada badai menghantam kapal kami, sehingga sampailah saya disini” kata abdullah.

Lalu perempuan itu berkata “celaka engkau! Cepat pergi dari sini, disini ada gedung tua yang dihuni oleh jin ifrit. Jin ifrit itu suka mengambil barang-barang yang tenggelam di laut lalu mengumpulkannya di gedung ini.”

Belum selesai mereka berbincang-bincang, tiba-tiba muncul bayangan hitam yang mendekat, uuu uuuu uuuuuu! Melihat itu lantas Abdullah langsung membaca waman yattaqillah ..

Maka bayangan itu pun terbakar dan berubah menjadi abu. Yang ternyata bayangan itu adalaha jin ifrit penghuni gedung tua tersebut. “Ayo kita pergi dari tempat ini, Allah telah mebinasakan jin ifrit tesebut”. Lantas mereka berdua pergi dengan membawa perhiasan-perhiasan yang ada dalam gedung tua tesebut, yang dikumpulkan oleh jin ifrit. Kemudian mereka mencari bantuan. Ternyata ada kapal dari kejauhan yang lewat. Maka, mereka segera melambaikan tangannya untuk meminta bantuan tumpangan. Pergilah merka berdua ke Bashrah. Sesampainya disana Lalu Abdullah mengabarkan perihal perempuan tersebut. Dan ternyata perempuan tersebut telah hilang sejak 3 tahun yang lalu. Maka keluarga dari perempuan tesebut sangat senang dengan kedatangannya. Dan sebagai bentuk terimakasih kepada Abdullah, maka keluarganya menikahkan Abdullah dengan perempuan cantik itu,,,

Hikmah Kisah :

Temen-temen yang dirahmati Allah, apa ya ibrah dari kisah tersebut?
Ya,, kita harus bertaqwa kepada Allah, barangsiapa yang bertakwa kepada Allah, maka Allah akan berikan jalan keluar baginya. Bahkan dikasih plus plus seperti Abdullah tadi, nggak Cuma dikasih jalan keluar, akan tetapi ia juga mendapatkan perhiasa-perhiasan emas, perak intan berlian dst. Plus ... wanita cantik yang kemudian menjadi istrinya

----------------------------------------------------
sumber : 500 Kisah Orang Sholeh. Karya Ibnul Jauzi. hal 283-285

Post a Comment for "Kisah Siapa Yang Bertakwa Kepada Allah Akan Allah Beri Jalan Keluar"