Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

MADRASAH AL-FATIH

Kisah Pertemanan Luar Biasa Abu Bakar ash-Shiddiq

Inilah kisah pertemanan yang luar biasa dari sahabat mulia Abu Bakar ash-Shiddiq. Pertemanan yang luar biasa, bahkan beliau sampai mengorbankan pertemanannya dengan Ibnu ad-Daginah. Ibnu ad-Daginah adalah sahabat karib Abu Bakar. Bahkan Ia juga orang yang memberikan jaminan perlindungan kepada Abu Bakar sewaktu Abu Bakar masuk islam. Akan tetapi, pertemanan seperti apakah, pertemanan dengan siapakah, yang menyebabkan Abu Bakar mengorbankan pertemananya dengan sahabat karibnya Ibnu ad-Daginah?

Seperti apa kisah dan ibrahnya? baca baik-baik ya, dan tuliskan ibrah yang kalian dapatkan di kolom komentar!

Abu Bakar ash-shiddiq memiliki suara yang cukup dominan, lembut, merdu dan khusyuk saat membaca al-Qur’an. Terkait dengan hal itu ada sebuah riwayat yang menyebutkan bahwa, 

Abu Bakar ash-Shiddiq yang ketika itu rumahnya bertetangga dengan Ibnu ad-Daginah. Ibnu ad-Daginah adalah sahabat karib Abu Bakar. Ia adalah salah seorang pemuka Quraisy, orang yang terpadang, dan memiliki kedudukan. Dan ia lah orang yang memberikan jaminan perlindungan kepada Abu Bakar saat Abu Bakar masuk Islam.

Suatu ketika, kaum Quraisy dikejutkan dengan fenomena kekaguman kaum wanita dan anak-anak mereka, pada bacaan Qur’an Abu Bakar. Maka kaum Quraisy mengadu dan berkata kepada Ibnu ad-Daginah “Suruhlah Abu Bakar menyembah Tuhannya di rumahnya sendiri. Ia dapat mendirikan shalat sebanyak yang ia mau, dan ia juga bisa membaca al-Qur’an tanpa menyakiti telinga kita. Jangan pernah lagi ia tampil di muka umum untuk mendirikan shalat dan melantunkan bacaannya selain di rumahnya sendiri!”

Abu Bakar ash-Shiddiq ketika diminta hal itu, ia tidak merasa keberatan sama sekali, ia pun melaksanakan shalatnya dan membaca al-Qur’an di dalam rumahnya.

Namun ternyata, justru kaum wanita dan anak-anak mereka mendatangi rumah Abu Bakar, mereka berbondong-bondong datang dan mengelilingi rumahnya hanya untuk mendengarkan bacaan al-Qur’annya. Mereka terenyuh dengan bacaan yang lembut, halus dan berwibawa.
Maka kaum Quraisy pun kembali mengadu kepada Ibnu ad-Daginah, dan memberitahukan kepadanya tentang kabar buruk tersebut.

Lalu Ibnu ad-Daginah mendatangi Abu Bakar seraya berkata, “Wahai Abu Bakar, aku tahu apa yang aku janjikan kepadamu sebelum ini (yakni memberikan perlindungan kepada Abu Bakar), akan tetapi sekarang keadaanya sudah berubah. Aku memberimu dua pilihan, entah kamu kurangi aktifitasmu itu (dari membaca al-Qur’an), atau aku tidak bisa melindungimu lagi, karena aku tidak senang jika bangsa Arab sampai mendengar bahwa aku melanggar perjanjian yang aku buat sendiri”

Lalu Abu Bakar menjawab, “Aku lebih memilih untuk melepas kebertetangaanku (dan pertemananku) dengan mu, karena aku lebih senang berteman dengan al-Qur’an, dan bertetangga dengan Allah dan Rasul-Nya.”

MasyaAllah, ini adalah pertemanan yang luar biasa. Pertemanan antara sahabat Abu Bakar ash-Shiddiq dengan al-Qur’an. Beliau tidak rela untuk meninggalkan atau bahkan hanya mengurangi sedikit, dari aktifitasnya untuk membaca al-Qur’an. Bahkan sampai beliau lebih memilih untuk mengorbankan sahabat karibnya yang memberikan jaminan perlindungan kepadanya. Ini beliau lakukan demi tetap bisa membaca al-Qur’an, demi tetap bisa berteman dengan al-Qur’an.

Sudahkah kita menjadikan al-Qur’an sebagai teman? Jadikanlah al-Qur’an sebagai teman sejati! Bacalah al-Qur’an setiap hari! Karena ia akan datang pada hari kiamat nanti, memberikan syafa’at kepada ‘temannya’ (kepada orang yang membacanya). Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda : 

اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لأَصْحَابِهِ

Bacalah al-Qur’an karena ia akan datang pada hari kiamat menjadi syafa’at bagi  sahabat-sahabatnya” (HR. Muslim)

tag : kisah menjadikan al-Qur'an sebagai teman sehari-hari, kisah pertemanan yang luar biasa sampai mengorbankan teman dekatnya, kisah pertemanan luar biasa dari sahabat Abu Bakar, kisah berteman dengan al-Qur'an

-------------------------------------
sumber : Kisah Kaum Salaf Bersama al-Qur'an. Dr. Badar bin Nashir al-Badar, hal. 129

1 comment for "Kisah Pertemanan Luar Biasa Abu Bakar ash-Shiddiq"

  1. "Selamat siang Bos 😃
    Mohon maaf mengganggu bos ,

    apa kabar nih bos kami dari Agen365
    buruan gabung bersama kami,aman dan terpercaya
    ayuk... daftar, main dan menangkan
    Silahkan di add contact kami ya bos :)

    Line : agen365
    WA : +85587781483
    Wechat : agen365


    terimakasih bos ditunggu loh bos kedatangannya di web kami kembali bos :)"

    ReplyDelete