Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kisah Sahabat ar-Rabi bin Khutsaim Yang Pingsan Karena Melihat Api



Abu Bakar bin Ma'iz berkata, "Pada suatu hari kami bepergian bersama Abdullah bin Mas'ud radhiyallahu 'anhu dan ar-Rabi bin Khutsaim. Ketika kami lewat di depan pandai besi, Abdullah bin Mas'ud berhenti sejenak memperhatikan lempengan besi yang sedang dipanaskan, ar-Rabi juga ikut memperhatikan. Tiba-tiba ar-Rabi mulai miring, lemas tubuhnya hingga hendak jatuh.

Kemudian Abdullah meninggalkan tempat itu. Kami meneruskan perjalanan hingga sampai di sebuah tungku perapian milik beberapa pandai besi di tepi sungai Eufrat. Pada saat Abdullah bin Mas'ud mengetahui kobaran api tersebut menyentuh wajah tukang besi, seketika itu beliau membaca ayat, 

"Apabila neraka itu melihat mereka dari tempat yang jauh, mereka mendengar geramannya dan suara nyalanya" (al-Furqan : 12)

Lagi-lagi ar-Rabi kaget, lalu jatuh tersungkur dan pingsan. Kemudian Ibnu Mas'ud membawa pulang ar-Rabi ke rumahnya, beliau menunggui dan menjaganya hingga waktu dzuhur tiba, tetapi ar-Rabi belum siuman. Ibnu Mas'ud berangkat shalat untuk mengimami shalat dzhuhur. Setelah pulang dari shalat, beliau memanggil-manggil, "Hai Rabi, Hai Rabi" tetapi ia belum sadar juga. Maka Ibnu Mas'ud menjaganya hingga waktu Maghrib. Beliau keluar untuk mengimami shalat Maghrib. Lalu menuju ke kamar ar-Rabi', ia masih seperti semula, belum sadarkan diri. Kemudian berangkat untuk mengimami shalat Isya. Sekembalinya dari shalat Isya, ar-Rabi' belum juga siuman. Ibnu Mas'ud memanggil-manggilnya "Hai Rabi.. Rabi.." namun tetap belum bangun. 

ar-Rabi baru sadarkan diri setelah udara dingin akhir malam menusuk relung tubuhnya.

tag : kisah para sahabat yang pinsan akibat takut dengan adzab neraka, kisah sahabat yang pingsan karena teringat adzab neraka. kisah sahabat ar-Rabi bin Khutsaim yang pingsan karena takut adzab api neraka.

-----------------------------
sumber : 99 Kisah Orang Sholeh. Muhammad bin Hamid Abdul Wahab, hal. 25

Post a comment for "Kisah Sahabat ar-Rabi bin Khutsaim Yang Pingsan Karena Melihat Api"

KISAH UNGGULAN
Kisah Serbuk Kayu Berubah Menjadi Gandum
KISAH UNGGULAN
Kisah Roti Yang Ia Sedekahkan Berubah Menjadi Manusia
KISAH UNGGULAN
Ia Mencungkil Matanya Karena Berbuat Dosa