Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kisah Si Kecil Mu'adz bin Amr Yang Berhasil Membunuh Abu Jahal

Abdurrahman bin Auf berkata, "Ketika aku berada di tengah-tengah barisan dalam Perang Badar, aku menoleh ke kanan dan ke kiriku, ternyata aku berada di antara dua orang pemuda Anshar, keduanya masih sangat belia"

Aku berharap seandainya aku berada di antara dua orang yang lebih dewasa dan perkasa dari mereka berdua. Tiba-tiba salah seorang dari keduanya berbisik kepadaku, "Wahai pamanku, apakah engkau berkenan memberitahu kami orang yang bernama Abu Jahal?"

Aku menjawab, "Ya, lalu apa urusanmu dengannya wahai anak saudaraku?"

Dia menjawab, "Aku dikabarkan bahwa dia telah menghina Rasulullah saw. Demi jiwaku yang berada dalam genggaman Tangan Yang Kuasa, sekiranya aku dapat bertemu dengannya, maka aku akan terus menghajarnya sehingga kita tahu siapa yang lebih dulu mati diantara kita."

Teman satunya lagi tiba-tiba juga berbisik kepadaku sebagaimana yang dibisikkan kawannya.

Tidak beberapa lama aku melihat Abu Jahal berada di tengah-tengah kerumunan orang. Aku berkata, "Coba kalian lihat, itulah orang yang kalian berdua tanyakan kepadaku!"

Kedua pemuda ini langsung saling berlomba menyerang dengan pedangnya masing-masing, hingga berhasil menebas Abu Jahal dan berhasil membunuhnya.

Lalu keduanya mendatangi Rasulullah dan menceritakan apa yang mereka lakukan. Rasulullah bertanya, "Siapa diantara kalian yang berhasil membunuhnya?"

Masing-masing menjawab, "Saya yang membunuhnya". Rasulullah bertanya, "Apakah pedang kalian sudah kalian bersihkan?". Mereka menjawab, "Belum". Kemudian Rasulullah memperhatikan kedua pedang pemuda tersebut lalu bersabda, "Kalian berdua telah membunuh Abu Jahal"

Selanjutnya beliau memutuskan perlengkapan Abu Jahal diberikan kepada Mu'adz bin Amr bin al-Jamuh.

tag : kisah Abu Jahal mati dibunuh oleh anak kecil, kisah semangat anak-anak di zaman nabi dalam mebela Allah dan Rasul-Nya


----------------------------
sumber : 99 Kisah Orang Sholeh. Muhammad bin Hamid Abdul Wahab, hal. 51

Post a comment for "Kisah Si Kecil Mu'adz bin Amr Yang Berhasil Membunuh Abu Jahal"

KISAH UNGGULAN
Kisah Serbuk Kayu Berubah Menjadi Gandum
KISAH UNGGULAN
Kisah Roti Yang Ia Sedekahkan Berubah Menjadi Manusia
KISAH UNGGULAN
Ia Mencungkil Matanya Karena Berbuat Dosa