Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

MADRASAH AL-FATIH

Doa Orang Yang Memakan Barang Haram

    Diceritakan dari Abbad al-Khawwash; Alkisah, Musa bin Imran 'alaihissalam pada suatu waktu pergi untuk suatu keperluan. Tiba-tiba, dia melihat seorang pria yang sedang menengadahkan kedua  tangannya dan berdo'a dengan begitu sungguh-sungguh.

 Selama beberapa waktu, Nabi Musa terus memperhatikan pria itu. Kemudian ia berkata, "Ya Rabb, perkenankanlah do'a hambamu ini".

    Lalu, Allah mewahyukan kepada Musa, "Wahai Musa, meskipun orang itu berdo'a dan menangis sampai mati sekalipun dan mengangkat kedua tangannya tinggi-tinggi sampai ke langit sekalipun, Aku tetap tidak akan memperkenankan doanya!"

"Kenapa ya Rabb?" Tanya Nabi Musa.

    Allah berfirman, "Karena dia memakan barang haram, memakai barang haram dan di rumanya terdapat barang haram".

    Setelah kejadian itu, Musa mencoba menelisik rumah laki-laki tersebut. Ternyata, Musa menemukan di rumah orang tersebut sejumlah uang haram sebanyak enam belas dirham.

***

Ibrah Kisah

    Jagalah diri kita dari memakan makanan yang haram, karena ia akan menjadi penghalang bagi terkabulnya do'a kita. Seperti kisah seorang pria di atas yang berdo'a dengan sungguh-sungguh luarbiasa akan tetapi do'anya tidak dikabulkan karena di rumahnya ada barang yang haram. Padahal jumlahnya hanya 16 dirham. Jumlah yang sedikit. Akan tetapi tetap saja banyak atau sedikit Allah tidak akan mengabulkan do'a orang yang memakan barang yang haram.

    Sa’ad bin Abi Waqash pernah bertanya kepada Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam, ”Ya Rasulallah, doakan saya kepada Allah agar doa saya terkabul.” Rasulullah menjawab, ”Wahai Sa’ad, perbaikilah makananmu, maka doamu akan terkabulkan.” (Riwayat At Thabrani).

    Di kesempatan yang lain, Rasulullah bersabda, ”Seorang lelaki melakukan perjalanan jauh, rambutnya kusut, mukanya berdebu, menengadahkan kedua tangannya ke langit dan mengatakan,’Wahai Rabbku! Wahai Rabbku!’ Padahal makanannya haram dan mulutnya disuapkan dengan yang haram, maka bagaimanakah akan diterima doa itu?” (Riwayat Muslim).

***

sumber : 500 Kisah Orang Sholeh. Karya Imam Ibnul Jauzi, hal. 618

Post a Comment for "Doa Orang Yang Memakan Barang Haram"