Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Allah Kirimkan Kalajengking Untuk Menyelamatkannya


Yusuf bin Al-Hasan bercerita kepada kami; Waktu saya sedang bersama dengan Dzun Nun Al-Mishri di tepi sebuah empang, tiba-tiba saya melihat seekor kalajengking yang berukuran besar di pinggir empang. Sesaat setelah itu, ada seekor katak muncul dari dalam empang dan menghampiri kalajengking. Lalu, kalajengking itu naik ke punggung katak. Kemudian, katak menyeberangi empang menuju ke sisi empang yang lain. 

“Pasti ada sesuatu dengan kalajengking itu. Mari kita lihat ke mana kalajengking itu tadi pergi,” kata Dzun Nun. Lantas, kami mengikuti kalajengking tersebut. Kemudian, kami melihat seorang pria mabuk sedang tertidur, sementara ada seekor ular di atas pusarnya sedang bergerak menuju ke dada dan ingin menuju ke telinganya. Lalu, kalajengking itu langsung menyerang ular tersebut dan berhasil membunuhnya.

Setelah itu, lantas kalajengking itu kembali ke tepi empang. Sesaat kemudian, katak tadi datang menjemput kalajengking dan membawanya menyeberangi empang menuju ke tempatnya semula. 

Setelah itu, lantas Dzun Nun membangunkan pria tersebut. “Hai anak muda, lihatlah bagaimana Allah subhanahu wa ta’ala telah menyelamatkan engkau. Tadi, ada kalajengking datang ke sini dan membunuh ular yang akan menyerang engkau. Itu ularnya, tergeletak mati,” kata Dzun Nun kepada pria tersebut. 

Kemudian, Dzun Nun mengucapkan bait syair berikut, 

“Hai orang yang lalai, sementara Dia selalu menjaganya dari setiap marabahaya yang beredar di tengah kegelapan. Bagaimana mata mereka bisa fidur melalaikan Yang kuasa yang nikmat-nikmatNya senanfiasa mendatangi mereka”

Lantas, pria tersebut bangkit seraya berucap, “Ya Tuhanku, seperti ini (luarbiasanya) apa yang Engkau perbuat untuk orang yang durhaka terhadap-Mu, lantas bagaimana halnya dengan belas kasih-Mu kepada orang yang taat kepada-Mu?” Kemudian, pria itu beranjak pergi. “Kamu hendak ke mana?” Tanyaku kepadanya. “Ke pedalaman. Demi Allah, sungguh saya tidak akan kembali lagi ke kota selamanya,” jawabnya. (Lihat; At-Tawwabin/Ibnu Qudamah (1/62).

----------------------------------------------------
sumber : 500 Kisah Orang Sholeh, Karya Ibnul Jauzi. Penerbit Pustaka al-Kautsar, Cetakan Pertama hal. 161-162

Post a comment for "Allah Kirimkan Kalajengking Untuk Menyelamatkannya"

KISAH UNGGULAN
Kisah Serbuk Kayu Berubah Menjadi Gandum
KISAH UNGGULAN
Kisah Roti Yang Ia Sedekahkan Berubah Menjadi Manusia
KISAH UNGGULAN
Ia Mencungkil Matanya Karena Berbuat Dosa