Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ia Gadaikan Sandalnya Untuk Disedekahkan Kepada Orang Miskin


Diceritakan dari Abu Abdillah Ad-Dinawari, bahwa dia berkisah seperti berikut; Hari itu, saya sedang duduk-duduk ketika ada orang fakir datang menemuiku. Kondisi orang itu mengenaskan dan tampak jelas jejak-jejak kemelaratan pada dirinya. 

Melihat hal itu, lantas diri ini tergerak untuk memberinya sesuatu. Untuk itu, saya berniat untuk menggadaikan sandalku, tapi nafsu ini menghalang halangiku dan berbisik, “Jika engkau menggadaikan sandalmu, bagaimana engkau bisa bersuci dengan tanpa mengenakan sandal?” 

Lalu, saya berniat untuk menggadaikan bejana kulit milikku. Akan tetapi, lagi-lagi nafsu ini menghalang-halangiku dan berbisik, “Jika engkau menggadaikan bejana kulit ini, lantas dengan apa engkau nantinya akan mengambil air wudhu?”

Lalu, saya berniat untuk menggadaikan kain penutup kepala milikku. Akan tetapi, lagi-lagi nafsu ini menghalang-halangiku dan berbisik, “Jika engkau menggadaikan kain penutup kepala ini, maka kepala engkau akan selalu terbuka.”

Lalu, saya coba melawan bisikan nafsu tersebut dan membantahnya, “Memangnya kenapa jika kepala ini terbuka?!” Tiba-tiba, orang fakir itu berdiri dan bersiap-siap pergi. Lalu, dia mengambil tongkatnya dan menoleh kepadaku sambil berkata, “Wahai orang yang rendah jiwanya, sudah simpan saja kain penutup kepalamu itu, karena saya akan pergi sekarang.”

Sejak saat itu, saya berikrar kepada Allah bahwa saya tidak akan makan roti sebelum saya bisa bertemu dengan orang fakir tersebut. Selesai. Konon, selama tiga puluh tahun, Abu Abdillah Ad-Dinawari tidak pernah makan roti.

---------------------------------------------------------
sumber : 500 Kisah Orang Sholeh, Karya Ibnul Jauzi. Penerbit Pustaka al-Kautsar, Cetakan Pertama hal. 235-236

Post a comment for "Ia Gadaikan Sandalnya Untuk Disedekahkan Kepada Orang Miskin"

KISAH UNGGULAN
Kisah Serbuk Kayu Berubah Menjadi Gandum
KISAH UNGGULAN
Kisah Roti Yang Ia Sedekahkan Berubah Menjadi Manusia
KISAH UNGGULAN
Ia Mencungkil Matanya Karena Berbuat Dosa