Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Karena Hal Ini Tukang Sepatu Lebih Baik Dari Ahli Ibadah


Makhlad bin Al-Hasan bercerita kepada kami dari Al-Khuld bin Ayub; Alkisah, ada seorang ‘abid (ahli ibadah) dari Bani Israil. Dia tinggal di sebuah biara selama enam puluh tahun. Suatu ketika, saat sedang tidur, dia bermimpi seakan-akan ada yang berkata kepadanya, “Sesungguhnya si Fulan tukang membuat sepatu itu lebih baik dari engkau.” “ah, Mimpi,” kata si abid dalam hati.

Pada saat tidur siang, dia kembali mengalami mimpi yang sama. Bahkan, mimpi yang sama dia alami berulang kali. Akhirnya, dia memutuskan untuk turun dari biara dan pergi menemui tukang sepatu tersebut. Ketika melihat kedatangan si abid, lantas si tukang sepatu berdiri menyambut kedatangannya. “Apa yang telah membuat engkau turun dari biaramu?” Tanya tukang sepatu kepada si abid.

Si abid berkata, “Kamu yang telah membuat saya turun dari biara. Tolong, beritahu saya tentang amalmu.” Sepertinya, si tukang sepatu merasa enggan untuk memberitahunya. Tetapi akhirnya dia berkata, “Baiklah. Saya bekerja di siang hari untuk mendapatkan pemasukan. Lalu, rezki yang Allah berikan kepadaku, saya bagi dua. Separuh saya sedekahkan dan separuhnya lagi saya gunakan untuk menafkahi keluargaku. Saya juga suka berpuasa.”

Lalu, si abid pun pamit pulang. Setelah itu, ada yang berkata kepada si abid, “Tanyakan kepada si tukang sepatu, kenapa wajahnya pucat?” Lantas, si abid kembali menemui tukang sepatu. “Kenapa wajahmu pucat?” Tanya si abid kepada tukang sepatu. Tukang sepatu berkata, “Setiap kali ada seseorang yang dibicarakan kepada saya, maka saya selalu berpikir bahwa orang itu akan masuk surga dan saya akan masuk neraka.”

Al-Khuld bin Ayub berkata, “Sesungguhnya tukang sepatu itu lebih diutamakan daripada si abid, karena dia selalu mencela diri sendiri dan merasa bahwa dirinya adalah orang yang tidak baik.”

# Mulia karena mencela diri sendiri

# Menjadi mulia karena menganggap dirinya rendah dan bukan orang baik

# Menjadi mulia karena merendahkan dirinya dan memuliakan orang lain

# Kisah tukang sepatu dan ahli ibadah

---------------------------------------------------------
sumber : 500 Kisah Orang Sholeh, Karya Ibnul Jauzi. Penerbit Pustaka al-Kautsar, Cetakan Pertama hal. 163-164

Post a comment for "Karena Hal Ini Tukang Sepatu Lebih Baik Dari Ahli Ibadah"

KISAH UNGGULAN
Kisah Serbuk Kayu Berubah Menjadi Gandum
KISAH UNGGULAN
Kisah Roti Yang Ia Sedekahkan Berubah Menjadi Manusia
KISAH UNGGULAN
Ia Mencungkil Matanya Karena Berbuat Dosa