Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kisah Ahli Ibadah Yang Tinggal di Gunung


Ahmad bin Sahal bercerita kepada kami, bahwa Abu Farwah As-Sa`ih, salah satu orang yang beramal hanya karena Allah dengan mahabbah kepada-Nya, bercerita kepadanya; Ketika saya sedang berjalan-jalan di suatu pegunungan, ketika tiba-tiba saya mendengar suara dari balik sebuah gunung. Saya membatin, di situ pasti ada sesuatu.

Lantas, saya coba menelusuri sumber suara tersebut. Lalu, saya mendengar suara berucap, “Wahai Engkau Yang menjadikanku merasa nyaman dan terhibur dengan mengingat-Mu, Yang menjadikanku merasa tidak nyaman bersama dengan makhluk-Mu, dan Yang ada untukku di saat bahagia, kasihanilah kesedihanku hari ini. Berilah saya makrifat kepada-Mu yang bisa membuat diri ini semakin dekat kepada-Mu. Wahai Yang luar biasa agung kebaikan-Nya kepada para kekasih-Nya, jadikanlah saya hari ini sebagai salah satu kekasih-Mu yang bertaqwa.” 

Kemudian, saya mendengar jeritan, tapi saya belum melihat siapa pun. Lantas, saya coba menelusuri arah suara jeritan tersebut. Akhirnya, saya menemukan seorang kakek yang tergeletak tidak sadarkan diri, sementara sebagian pakaiannya ada yang terbuka. Lalu, saya segera merapikan dan menutupkannya kembali. Saya terus menunggu di sana, hingga si kakek siuman. 

Setelah siuman, si kakek berkata kepadaku. “Siapa engkau, semoga Allah merahmatimu?” “Saya dari bangsa manusia,” jawabku. “Menjauhlah dariku dan tinggalkan saya sendiri! Karena, dari kalianlah saya lari menghindar,” kata si kakek. Lalu, dia menangis dan beranjak pergi meninggalkanku. “Semoga Allah merahmatimu, tolong tunjukkan jalan kepadaku,” kataku kepadanya. “Di sini,” jawabnya sambil menunjuk ke atas. (lihat Shifatu Ash-Shafwah (2/12) dan Mukhtashar Tarikh Dimasyq (8/397).

-------------------------------------------------------
sumber : 500 Kisah Orang Sholeh, Karya Ibnul Jauzi. Penerbit Pustaka al-Kautsar, Cetakan Pertama hal. 169-170

Post a comment for "Kisah Ahli Ibadah Yang Tinggal di Gunung"

KISAH UNGGULAN
Kisah Serbuk Kayu Berubah Menjadi Gandum
KISAH UNGGULAN
Kisah Roti Yang Ia Sedekahkan Berubah Menjadi Manusia
KISAH UNGGULAN
Ia Mencungkil Matanya Karena Berbuat Dosa