Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kisah Dahsyatnya Do'a Khusyuk


Muhammad bin Ubaid Az-Zahid bercerita kepada kami; Dulu, saya punya seorang budak perempuan, lalu saya menjualnya. Akan tetapi, diri ini terus teringat kepadanya dan tidak bisa melupakannya. Akhirnya, ditemani beberapa saudara, saya pergi menemui majikannya dan memintanya berkenan untuk membatalkan jual beli yang ada dan saya bersedia memberikan keuntungan sebanyak dua puluh dinar kepadanya. 

Akan tetapi, dia menolak tawaran saya tersebut. Lalu, saya pun pulang dengan perasaan sedih dan gelisah, tidak selera makan dan tidak bisa tidur, bingung tidak tahu apa yang akan saya lakukan. Karena khawatir saya akan terus kembali menemuinya, akhirnya dia mengungsikan sahaya perempuan itu ke Mada`in. 

Melihat kondisi diri ini yang merasa tersiksa, akhirnya saya menuliskan nama sahaya perempuan itu di telapak tanganku. Lalu, saya menghadap ke kiblat dan setiap kali saya teringat kepadanya, maka saya lantas menengadahkan kedua tanganku ke atas seraya berucap, “Ya Allah, ini kisahku.” Di penghujung malam terakhir menjelang waktu subuh pada hari kedua, tiba-tida ada suara pintu rumah diketuk oleh seseorang. “Siapa itu?” Tanyaku kepadanya.

“Saya majikan si sahaya perempuan itu,” jawabnya. Lantas, saya bergegas turun menemuinya dan ternyata memang benar dia yang datang. “Silakan ambil kembali sahaya perempuan ini, semoga Allah memberkahi nya untukmu,” katanya kepadaku. “Jika begitu, silakan ambil kembali uangmu berikut keuntungannya ini,” kataku kepadanya. “Saya tidak akan mau menerima satu dinar dan tidak pula satu dirham pun darimu,” jawabnya. “Kenapa seperti itu?” Tanyaku kepadanya dengan penuh keheranan.

“Malam tadi, saya bermimpi ada orang menemuiku dan berkata kepadaku, “Kembalikan sahaya perempuan itu kepada Ibnu Ubaid,” jawabnya menjelaskan. 

-----------------------------------------------------
sumber : 500 Kisah Orang Sholeh, Karya Ibnul Jauzi. Penerbit Pustaka al-Kautsar, Cetakan Pertama hal. 200-201

Post a comment for "Kisah Dahsyatnya Do'a Khusyuk"

KISAH UNGGULAN
Kisah Serbuk Kayu Berubah Menjadi Gandum
KISAH UNGGULAN
Kisah Roti Yang Ia Sedekahkan Berubah Menjadi Manusia
KISAH UNGGULAN
Ia Mencungkil Matanya Karena Berbuat Dosa