Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kisah Iblis Membocorkan Pekerjaanya Kepada Nabi Musa




Diceritakan dari Abdurrahman bin Ziyad bin An’am; Pada suatu kesempatan, di saat Nabi Musa ‘alaihissalam sedang duduk di majelisnya, iblis datang sambil mengenakan pakaian yang memiliki tudung kepala yang berwarna-warni. Ketika sudah dekat, iblis melepas tudungnya dan meletakkannya. Kemudian, dia menghampiri Musa.

“Assalamu’alaika wahai Musa,” kata iblis menyapa. “Siapa engkau?” Tanya Musa. “Saya iblis,” jawabnya. “Ternyata engkau, maka tidak ada ucapan salam buatmu. Ada apa engkau datang ke sini?” Kata Musa. “Saya datang untuk mengucapkan salam kepadamu, karena posisi dan kedudukanmu di sisi Allah,” jawab iblis. 

“Apa yang engkau kenakan tadi?” Tanya Musa. “Itu adalah sesuatu yang saya gunakan untuk menawan hati anak cucuk Adam,” jawab iblis. Musa bertanya, “Apa sesuatu yang jika dilakukan oleh manusia, maka engkau akan bisa menguasainya?” Iblis menjawab, “Ketika manusia merasa ujub, merasa amalnya sudah banyak dan lupa akan dosa-dosanya, maka saya menguasainya. Saya ingin memperingatkan engkau akan tiga hal.

Pertama, jangan engkau berduaan dengan perempuan yang tidak halal bagimu. Karena, tidak ada seorang laki-laki berduaan dengan seorang perempuan yang tidak halal baginya, melainkan saya sendiri yang langsung menemaninya dan menggodanya, bukan anak buah saya. 

Kedua, jangan engkau mengikrarkan suatu janji kepada Allah, melainkan harus engkau penuhi. Karena, tidak ada satu orang pun yang mengikrarkan suatu janji kepada Allah, melainkan saya sendiri yang langsung menemaninya dan menggodanya supaya dia tidak memenuhi janjinya itu, bukan anak buah saya. 

Ketiga, janganlah engkau berniat mengeluarkan sedekah, melainkan engkau harus benar-benar segera meluluskan dan melaksanakannya. Karena, tidak ada seseorang yang berniat mengeluarkan sedekah, lalu dia tidak segera melaksanakannya, melainkan saya sendiri yang langsung menemaninya dan menggodanya supaya dia tidak jadi melaksanakannya, bukan anak buah saya.”

Lalu, iblis berlalu pergi sambil berkata, “Duh celaka, duh celaka, duh celaka, Musa telah mengetahui apa yang mesti dia peringatkan kepada anak cucuk Adam.” (Lihat; Syu’ab Al-Iman/Al-Baihaqi (3291), Ihya` ‘Ulumiddin (2/299), dan Mukhtashar Tarikh Dimasyq (7/460). 

Kisah senada juga diceritakan dari Salman.

-------------------------------------------------------
sumber : 500 Kisah Orang Sholeh, Karya Ibnul Jauzi. Penerbit Pustaka al-Kautsar, Cetakan Pertama hal. 203-204

Post a comment for "Kisah Iblis Membocorkan Pekerjaanya Kepada Nabi Musa"

KISAH UNGGULAN
Kisah Serbuk Kayu Berubah Menjadi Gandum
KISAH UNGGULAN
Kisah Roti Yang Ia Sedekahkan Berubah Menjadi Manusia
KISAH UNGGULAN
Ia Mencungkil Matanya Karena Berbuat Dosa