Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kisah Orang Yang Berbicara Setelah Mati


Diceritakan dari Abdul Malik bin Umar dari Rib’i bin Hirasy, dia berkisah seperti berikut; Kami adalah tiga bersaudara. Di antara kami bertiga, saudara tengah adalah yang paling rajin beribadah, berpuasa, dan paling mulia. Pada suatu hari, saya pergi ke kampung pedalaman. Kemudian, ketika pulang, keluarga menyuruhku segera menemui saudaraku itu, karena saat ini dia sedang menjemput ajal. Lantas, saya langsung bergegas ke rumah saudaraku itu. 

Setelah tiba di sana, ternyata, dia telah meninggal dunia dan sudah ditutupi dengan pakaian. Lalu, saya pergi mencari kain kafan untuknya. Ketika kembali, saya kaget, karena pakaian yang menutupi wajahnya terbuka dan dia berkata, “Assalamu’alaikum!” “Hai saudaraku, apakah engkau hidup lagi?” Tanyaku kepadanya. “Ya. Saya sudah bertemu dengan Tuhan kalian dan Dia menemuiku dengan rahmat, kasih sayang, dan tidak murka. Dia memakaikan kepadaku pakaian hijau dari sutera halus dan sutera tebal. Saya mendapati perkara ini lebih ringan dan mudah dari apa yang kalian pikirkan. Untuk itu, beramallah, jangan pernah kendur dan jangan pernah terbuai. 

Saya juga berjumpa dengan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan beliau bersumpah tidak akan pergi hingga saya kembali datang menemui beliau. Untuk itu, segera urus dan makamkan jasadku secepatnya,” kata saudaraku itu. Kemudian, dia terdiam dan mati kembali. Proses kematiannya begitu cepat, seperti sebuah kerikil yang dilemparkan ke dalam air. 

Lalu, kejadian tersebut disampaikan kepada Aisyah radhiyallahu ‘anha dan dia membenarkannya, lalu berkata, “Dulu, kami berbincang-bincang bahwa ada orang dari umat ini yang berbicara setelah mati.” Dia adalah saudara kami yang paling rajin qiyamullail di tengah malam yang dingin dan paling rajin berpuasa di siang hari yang panas. (Hilyatu Al-Awliya` (2/251).

------------------------------------------------------

sumber : 500 Kisah Orang Sholeh, Karya Ibnul Jauzi. Penerbit Pustaka al-Kautsar, Cetakan Pertama hal. 151-152

Post a comment for "Kisah Orang Yang Berbicara Setelah Mati"

KISAH UNGGULAN
Kisah Serbuk Kayu Berubah Menjadi Gandum
KISAH UNGGULAN
Kisah Roti Yang Ia Sedekahkan Berubah Menjadi Manusia
KISAH UNGGULAN
Ia Mencungkil Matanya Karena Berbuat Dosa