Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kisah Pada Ketetapan Allah Ada Kebaikan


Al-A’masy menceritakan kepada kami dari Masruq seperti berikut; Alkisah, ada seseorang yang hidup di pedalaman. Dia adalah orang yang saleh. Dia memiliki seekor anjing, seekor keledai, dan seekor ayam. Ayamnya berfungsi sebagai ‘alarm’ yang membangunkan mereka untuk shalat. Keledainya berfungsi untuk mengangkut air dan tenda mereka. Sedangkan anjingnya berfungsi sebagai penjaga mereka. 

Pada suatu hari, ada seekor rubah datang dan memangsa ayamnya. Hal itu membuat mereka sedih, karena kehilangan ayam yang selama ini membangunkan mereka untuk shalat. Lalu, dia berkata, “Semoga apa yang terjadi ini membawa kebaikan.” Kemudian, beberapa lama setelah itu, datang lagi seekor serigala dan menyobek perut keledai, hingga menyebabkannya mati. Mereka pun bersedih dengan kepergian keledai tersebut. Lalu, dia berkata, “Semoga apa yang terjadi ini membawa kebaikan.”

Kemudian, beberapa lama setelah itu, anjingnya sakit dan mati. Lalu, dia berkata, “Semoga apa yang terjadi ini membawa kebaikan.”

Beberapa lama setelah itu, pada suatu hari, mereka mendapati orang orang yang hidup di sekitar mereka ditangkapi sebagai tawanan. Orang-orang itu ditangkap dan ditawan karena tempat tinggal mereka ramai dengan suara. Sementara itu, tempat tinggal mereka sunyi, sebab anjing, keledai, dan ayam mereka sudah mati semua.

---------------------------------------------------------- 
sumber : 500 Kisah Orang Sholeh, Karya Ibnul Jauzi. Penerbit Pustaka al-Kautsar, Cetakan Pertama hal. 199

Post a comment for "Kisah Pada Ketetapan Allah Ada Kebaikan"

KISAH UNGGULAN
Kisah Serbuk Kayu Berubah Menjadi Gandum
KISAH UNGGULAN
Kisah Roti Yang Ia Sedekahkan Berubah Menjadi Manusia
KISAH UNGGULAN
Ia Mencungkil Matanya Karena Berbuat Dosa