Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kisah Sabar dan Syukur


Muhammad bin Muawiyah Al-Azraq bercerita kepada kami, bahwa salah seorang gurunya pernah bercerita kepadanya; Alkisah, Nabi Yunus bertemu dengan Malaikat Jibril.

“Wahai Jibril, tunjukkan kepadaku siapa penduduk bumi yang paling rajin ibadahnya,” kata Nabi Yunus kepada Malaikat Jibril. Lantas, Yunus dibawa kepada seorang laki-laki yang kedua tangan dan kakinya buntung dimakan penyakit kusta. 

Laki-laki itu berucap, “Ya Allah, Engkau memberiku nikmat dua tangan dan dua kaki menurut kehendak-Mu, dan Engkau mencabut nikmat itu dariku menurut kehendak-Mu, dan Engkau masih memberiku harapan kepada-Mu.” “Wahai Jibril, yang saya minta adalah engkau memperlihatkan kepadaku seseorang yang paling rajin puasa dan shalat,” kata Yunus kepada Jibril. Jibril berkata, “Sebelum mengalami ujian seperti itu, dia adalah sosok yang rajin puasa dan shalat seperti yang engkau maksud. 

Saya juga telah diperintahkan untuk menghilangkan penglihatannya.” Lantas, Jibril pun menunjuk ke arah kedua mata orang itu, lalu kedua matanya pun meleleh. Lalu, orang itu berkata, “Ya Allah, Engkau memberiku nikmat dua mata sekehendak-Mu dan menghilangkan nikmat itu dariku sekehendak-Mu, dan Engkau masih memberiku harapan kepada-Mu.” 

“Mari, silakan engkau berdoa kepada Allah dan kami juga akan berdoa kepada-Nya bersamamu, maka Allah akan mengembalikan kedua tanganmu, kedua kakimu dan kedua matamu seperti semula, sehingga engkau bisa kembali beribadah seperti dulu lagi,” kata Jibril kepada orang tersebut. 

Orang itu berkata, “Saya tidak ingin melakukannya.” “Kenapa?” Tanya Jibril. “Jika memang Allah mencintaiku dengan cara seperti ini, maka cinta-Nya lebih saya sukai dari semua itu,” jawab orang tersebut. 

“Wahai Jibril, saya tidak pernah melihat satu orang pun yang lebih tinggi tingkatan ibadahnya dari orang ini,” kata Nabi Yunus kepada Malaikat Jibril. “Wahai Yunus, ini adalah jalan terbaik menuju kepada Allah, tidak ada yang lebih baik darinya,” kata Jibril kepada Yunus.

------------------------------------------------------
sumber : 500 Kisah Orang Sholeh, Karya Ibnul Jauzi. Penerbit Pustaka al-Kautsar, Cetakan Pertama hal. 173-174

Post a comment for "Kisah Sabar dan Syukur"

KISAH UNGGULAN
Kisah Serbuk Kayu Berubah Menjadi Gandum
KISAH UNGGULAN
Kisah Roti Yang Ia Sedekahkan Berubah Menjadi Manusia
KISAH UNGGULAN
Ia Mencungkil Matanya Karena Berbuat Dosa