Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kisah Seorang Abid Yang Membiarkan Kakinya di Luar Hingga Busuk


Diceritakan dari Abdurrahman bin Zaid bin Aslam dari ayahnya; Alkisah, ada seorang abid (ahli ibadah) dari Bani Israil yang tinggal dan beribadah dalam biara. Kemudian, pada suatu hari, dia melihat-lihat ke arah luar dari dalam biaranya. Tiba-tiba, matanya jatuh pada seorang perempuan. Lalu, dia jatuh hati kepada perempuan itu dan terdorong untuk berbuat zina dengannya.

Ketika baru saja menginjakkan salah satu kakinya keluar dan kaki yang satunya masih di dalam biara, Allah menurunkan taufik dan perlindungan kepadanya. Dalam hati, dia berkata, “Apa ini yang akan saya lakukan!” Akhirnya, dia pun tersadar dan merasa menyesal. Ketika hendak mengangkat salah satu kakinya yang sudah ada di luar tersebut untuk dimasukkan kembali ke dalam biara, dia berkata dalam hati, “Tidak akan! Tidak akan! Kaki yang sudah melangkah keluar ingin bermaksiat kepada Allah, akan kembali lagi bersamaku?! Tidak! Itu tidak akan terjadi!”

Akhirnya, dia membiarkan kakinya itu tetap menggelantung di luar biara terkena hujan, angin, sinar matahari, dan salju, sehingga kaki itu rusak, busuk, dan akhirnya terlepas dan jatuh. Lalu, Allah memberinya pahala atas hal itu. 

Lalu, diturunkan dalam sebuah kitab, “Dzu Ar-Rijl” (si pemilik kaki), sebagai pujian baginya.

------------------------------------------------
sumber : 500 Kisah Orang Sholeh, Karya Ibnul Jauzi. Penerbit Pustaka al-Kautsar, Cetakan Pertama hal. 170-171

Post a comment for "Kisah Seorang Abid Yang Membiarkan Kakinya di Luar Hingga Busuk"

KISAH UNGGULAN
Kisah Serbuk Kayu Berubah Menjadi Gandum
KISAH UNGGULAN
Kisah Roti Yang Ia Sedekahkan Berubah Menjadi Manusia
KISAH UNGGULAN
Ia Mencungkil Matanya Karena Berbuat Dosa