Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kisah Seorang Laki-laki di Dalam Gua


Muhammad bin Abi Abdillah Al-Khuza’i bercerita kepada kami, bahwa ada seorang laki-laki dari Syam pernah bercerita kepadanya; Suatu hari, saya masuk ke dalam gua di sebuah gunung yang terletak di sebelah jalan. Di dalam gua, saya mendapati seorang laki-laki tua sedang tertelungkup sujud. Dia berkata, “Jika Engkau membuat saya bersusah payah dalam waktu lama di dunia ini dan memperpanjang kesengsaraan saya di akhirat kelak, maka berarti Engkau telah mengabaikan saya dan menghinakan saya di mata-Mu, wahai Yang Maha Pemurah.” 

Kemudian, saya menyapanya dengan mengucapkan salam. Lantas, dia mengangkat kepalanya. Ternyata, air matanya telah membasahi tanah di mana dia sedang bersujud. “Bukankah dunia ini luas dan penduduknya adalah manusia yang tidak asing buat kalian?!” kata orang itu kepadaku, karena merasa terganggu dengan kehadiranku. “Semoga Allah merahmatimu. Engkau menghindar dari manusia dan mengasingkan diri di tempat ini?” Kataku kepadanya ketika melihat bahwa dia adalah sosok yang arif dan bijaksana.

“Engkau, wahai saudaraku, apa pun yang engkau yakini bisa membuat engkau lebih dekat kepada Allah, maka carilah jalan untuk melakukannya, karena tidak ada hal lain yang bisa menggantikannya,” katanya kepadaku. “Dari mana engkau mendapatkan makanan?” Tanyaku kepadanya. “Jika sedang butuh makanan dan menginginkannya, maka saya makan tumbuh-tumbuhan dan bagian dalam pohon yang lunak,” jawabnya. 

“Maukah engkau saya bawa pergi dari tempat ini ke daerah kampung di mana tanahnya subur?” Kataku kepadanya. Lalu, dia menangis, kemudian berkata, “Kampung dan tanah yang subur adalah tempat di mana ketaatan kepada Allah dijalankan. Saya sudah lanjut usia dan tidak lama lagi akan mati. Saya tidak ada keperluan dengan manusia.” 

-------------------------------------------------------
sumber : 500 Kisah Orang Sholeh, Karya Ibnul Jauzi. Penerbit Pustaka al-Kautsar, Cetakan Pertama hal. 162-163

Post a comment for "Kisah Seorang Laki-laki di Dalam Gua"

KISAH UNGGULAN
Kisah Serbuk Kayu Berubah Menjadi Gandum
KISAH UNGGULAN
Kisah Roti Yang Ia Sedekahkan Berubah Menjadi Manusia
KISAH UNGGULAN
Ia Mencungkil Matanya Karena Berbuat Dosa