Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kisah Seorang Syaikh Yang Tubuhnya Digerogoti Ulat




Ahmad bin Bakar bercerita kepada kami bahwa dirinya mendengar Yahya bin Mu’adz berkisah; Dalam sebuah pengembaraan, saya melihat sebuah gubuk dari bambu. Lantas, saya berjalan menghampiri gubuk tersebut. Di dalamnya, saya menemukan seorang syaikh yang kondisi fisiknya mengenaskan. Tubuhnya digerogoti ulat. Melihat hal itu, dalam hati ini pun muncul rasa kasihan kepadanya. “Wahai syaikh, bolehkah saya mendoakan engkau agar Allah memberimu kekuatan?” Kataku kepada syaikh tersebut. 

Lalu, dia mengangkat kepalanya dan melihat ke arahku. Ternyata, dia juga buta. “Wahai Yahya bin Mu’adz, engkau punya keintiman seperti itu dengan-Nya, lantas kenapa engkau tidak memohon kepada-Nya supaya Dia menghilangkan kesukaan kepada buah delima dari dirimu?” jawab syaikh tersebut. 

Saya –Yahya bin Muadz– memang telah berikrar kepada Allah untuk meninggalkan semua kesenangan kecuali buah delima. Saya tidak sanggup meninggalkan buah delima, karena saya memang sangat suka makan buah delima. Kemudian, syaikh itu memandang ke arahku dan berkata, “Wahai Yahya bin Muadz, waspadalah, jangan sampai engkau mengganggu dan menyakiti para wali Allah.”

#ruh orang yang beriman saling mengenal

#kisah kesabaran yang luar biasa

---------------------------------------------------------
sumber : 500 Kisah Orang Sholeh, Karya Ibnul Jauzi. Penerbit Pustaka al-Kautsar, Cetakan Pertama hal. 224

Post a comment for "Kisah Seorang Syaikh Yang Tubuhnya Digerogoti Ulat"

KISAH UNGGULAN
Kisah Serbuk Kayu Berubah Menjadi Gandum
KISAH UNGGULAN
Kisah Roti Yang Ia Sedekahkan Berubah Menjadi Manusia
KISAH UNGGULAN
Ia Mencungkil Matanya Karena Berbuat Dosa