Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kisah Serbuk Kayu Berubah Menjadi Gandum


Diceritakan dari Atha` dari ayahnya; Waktu itu, Abu Muslim Al-Khaulani kehabisan gandum. Istrinya bertanya, “Wahai Abu Muslim, apakah kita tidak punya gandum lagi?” Abu Muslim menjawab, “Apakah engkau punya sesuatu?” “Satu dirham dari penjualan benang hasil pintalan,” kata istrinya. “Tolong ambilkan uang satu dirham itu berikut kantong wadah gandum,” kata Abu Muslim. 

Kemudian, Abu Muslim Al-Khaulani pergi ke pasar dan berhenti di salah satu kios penjual bahan makanan. Belum sempat beli, tiba-tiba ada seorang peminta menghampiri dirinya dan meminta sedekah. Lantas, dia pergi menghindar dari si peminta tersebut dan mendatangi kios lain. 

Akan tetapi, si peminta itu mengikutinya dan kembali menghampirinya untuk meminta sedekah. Lalu, dia pun pergi menghindar dan pindah ke kios lain. Akan tetapi, lagi-lagi si peminta itu ternyata masih mengikutinya dan meminta sedekah. Karena merasa jemu, akhirnya dia memberikan uang satu dirham tersebut kepada si peminta itu. 

Setelah itu, lantas dia mengambil kantong yang dibawanya dan mengisinya dengan serbuk kayu sisa kerja tukang kayu dicampur dengan tanah. Kemudian, dia pulang dan mengetuk pintu rumahnya dengan hati merasa takut dengan orang rumah. Setelah pintu dibuka oleh istrinya, lantas dia meletakkan kantong tersebut dan langsung pergi lagi. 

Ketika dibuka oleh istrinya, ternyata isi kantong tersebut tidak lagi berisi serbuk kayu bercampur tanah, tapi berisikan gandum putih. Sementara itu Abu Muslim tidak mengetahui hal itu dan istrinya pun tidak tahu kalau sebenarnya kantong itu sebelumnya diisi dengan serbuk kayu bercampur tanah. Lalu, si istri membuat adonan roti dan memasaknya menjadi roti. 

Ketika waktu telah memasuki sebagian malam, Abu Muslim pulang ke rumah. Setelah masuk dan duduk, istrinya menyuguhkan nampan berisikan roti hawari kepadanya. “Dari mana engkau bisa mendapatkan roti ini?” Tanya Abu Muslim kepada istrinya. “Wahai Abu Muslim, tentu saja dari gandum yang engkau bawa tadi,” jawab istrinya. Mendengar jawaban istrinya, Abu Muslim menangis, lalu menyantap roti tersebut. 

# kisah keajaiban sedekah

# kisah Abu Muslim al-Khaulani 

# Karena bersedekah serbuk kayu/pasir menjadi gandum

-------------------------------------------------------
sumber : 500 Kisah Orang Sholeh, Karya Ibnul Jauzi. Penerbit Pustaka al-Kautsar, Cetakan Pertama hal. 166-167

Post a comment for "Kisah Serbuk Kayu Berubah Menjadi Gandum"

KISAH UNGGULAN
Kisah Serbuk Kayu Berubah Menjadi Gandum
KISAH UNGGULAN
Kisah Roti Yang Ia Sedekahkan Berubah Menjadi Manusia
KISAH UNGGULAN
Ia Mencungkil Matanya Karena Berbuat Dosa