Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kisah Seseorang Yang Dimakamkan Oleh Malaikat


Abu Utbah Al-Khawwash bercerita kepada kami, bahwa ada salah seorang zahid (orang yang zuhud) yang biasa mengembara di gunung-gunung bercerita kepadanya seperti berikut; Saya tidak punya keinginan dan hasrat sedikit pun terhadap dunia dan kesenangan, kecuali bertemu dengan mereka (para abdal - Abdal adalah sebutan untuk para wali Allah pada tingkatan tertentu yang mempunyai karamah tertentu. Tidak ada yang mengenali mereka kecuali orang-orang tretentu juga. Wallahu a’lam. - dan zahid). 

Pada suatu hari, saya datang ke tepi sebuah pantai yang tidak berpenghuni dan tidak pula pernah disinggahi oleh kapal. Tiba-tiba, di sana, saya melihat seseorang keluar dari pegunungan yang ada di sana. Ketika melihatku, orang itu langsung lari menghindar. Saya pun berlari mengejarnya. Tiba-tiba, dia tersungkur jatuh dan saya pun berhasil menyusulnya.

“Kamu lari dari siapa, semoga Allah merahmatimu?!” Tanyaku kepadanya, tapi dia hanya diam saja dan sama sekali tidak berbicara kepadaku. “Saya menginginkan kebaikan, maukah engkau memberiku suatu pelajaran?” Kataku kepadanya. “Tetaplah engkau konsisten teguh di atas kebenaran di mana pun engkau berada. Demi Allah, sungguh saya tidak memuji diriku sendiri dan merasa diri ini baik, hingga saya layak menyuruhmu untuk meniru amal perbuatan yang saya lakukan,” jawabnya.

Kemudian, dia menjerit, lalu terjatuh dan meninggal dunia. Saya pun bingung dan tidak tahu apa yang harus saya lakukan. Lalu, malam pun datang dan saya menyingkir untuk mencari tempat istirahat di tempat yang tidak terlalu jauh dari lokasi jasad orang tersebut.

Malam itu, saya bermimpi melihat empat sosok turun dari langit ke bukit yang merupakan lokasi jasad orang tersebut berada. Lalu, mereka menggali kuburan, kemudian mengkafani mayat orang tersebut, menshalatinya, dan menguburkannya. Kemudian, saya pun kaget dan langsung terbangun tanpa bisa tidur lagi setelah itu.

Pada pagi harinya, saya segera pergi ke lokasi mayat orang itu, tapi saya tidak melihat lagi jasadnya di sana. Saya coba terus mencari di mana jasadnya berada, hingga saya menemukan sebuah kuburan baru. Lalu, saya berpikir bahwa itu adalah kuburan yang saya lihat dalam mimpi tadi malam.

-----------------------------------------------------------------
sumber : 500 Kisah Orang Sholeh, Karya Ibnul Jauzi. Penerbit Pustaka al-Kautsar, Cetakan Pertama hal. 142-143

Post a comment for "Kisah Seseorang Yang Dimakamkan Oleh Malaikat"

KISAH UNGGULAN
Kisah Serbuk Kayu Berubah Menjadi Gandum
KISAH UNGGULAN
Kisah Roti Yang Ia Sedekahkan Berubah Menjadi Manusia
KISAH UNGGULAN
Ia Mencungkil Matanya Karena Berbuat Dosa