Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kisah Seseorang Yang Ingin Menebang Pohon Kesyirikan




Diceritakan dari Al-Mubarak bin Fadhalah dari Al-Hasan, dia berkata; Dulu ada sebuah pohon yang dikeramatkan dan disembah-sembah. Kemudian, ada seseorang yang terusik dengan hal itu, hingga dia berniat untuk menebang pohon tersebut. Lantas, dia pun datang dengan perasaan marah karena Allah dan hendak menebang pohon tersebut. Akan tetapi, setan tidak tinggal diam dan membiarkan orang itu melakukannya. 

Lantas, setan menemui orang itu dengan menjelma dalam wujud manusia. “Apa yang ingin engkau lakukan?” Tanya setan kepada orang itu. “Saya ingin menebang pohon yang dikeramatkan dan disembah-sembah ini!,” jawab orang itu. “Jadi, engkau tidak ikut-ikutan memuja pohon ini. Lantas, apa ruginya buat engkau jika ada orang yang menyembah dan memuja-muja pohon ini?!,” kata setan. “Sungguh, saya akan tetap menebangnya!,” kata orang itu.

“Begini saja, saya akan memberimu sesuatu yang lebih baik, asalkan engkau tidak menebang pohon ini. Saya akan memberimu uang dua dinar setiap hari. Engkau akan mendapati uang dua dinar itu di bawah bantalmu setiap pagi,” kata setan. “Siapa yang memberi dan menjamin hal itu?” Tanya orang tersebut. “Saya,” jawab setan. Lantas, dia pun kembali pulang dan membatalkan niatnya menebang pohon tersebut.

Benar saja, pada pagi harinya, dia mendapati uang dua dinar di dekat bantalnya. Akan tetapi, pada pagi hari berikutnya, dia tidak lagi mendapati uang dinar di dekat bantalnya. Dia pun marah dan segera bergegas pergi untuk menebang pohon tersebut. Lantas, setan kembali menemuinya dengan menjelma dalam wujud manusia yang sama seperti yang pertama.

“Apa yang akan engkau lakukan?” Tanya setan kepadanya. “Saya ingin menebang pohon yang dikeramatkan dan disembah-sembah ini!,” jawabnya. “Tidak bisa! engkau tidak bisa melakukan hal itu!,” kata setan kepadanya.

Lantas, dia tetap bersikeras ingin menebang pohon tersebut. Lalu, setan membanting orang itu dan mencekiknya hingga hampir mati. “Tahukah engkau siapa saya? Saya setan. Pada kali pertama, engkau datang untuk menebang pohon ini, engkau melakukannya karena Allah, sehingga waktu itu saya tidak bisa berbuat apa-apa untuk menyakitimu. Lalu, saya mengiming-imingimu uang dua dinar dan engkau pun menerimanya dan mengurungkan niatmu menebang pohon ini.

Ketika engkau tidak lagi mendapati uang dua dinar tersebut, lantas engkau datang untuk menebang pohon ini, tapi tidak lagi karena Allah, namun karena uang dua dinar, sehingga kali ini saya bisa mengalahkanmu,” kata setan kepadanya.

----------------------------------------------------
sumber : 500 Kisah Orang Sholeh, Karya Ibnul Jauzi. Penerbit Pustaka al-Kautsar, Cetakan Pertama hal. 218-219

Post a comment for "Kisah Seseorang Yang Ingin Menebang Pohon Kesyirikan"

KISAH UNGGULAN
Kisah Serbuk Kayu Berubah Menjadi Gandum
KISAH UNGGULAN
Kisah Roti Yang Ia Sedekahkan Berubah Menjadi Manusia
KISAH UNGGULAN
Ia Mencungkil Matanya Karena Berbuat Dosa