Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kisah Seseorang Yang Menitipkan Anaknya Kepada Allah


Diceritakan dari Zaid bin Aslam dari ayahnya, dia bercerita seperti berkata; Waktu itu, ketika Umar bin Al-Khaththab Radhiyallahu ‘Anhu sedang berkumpul dengan orang-orang, ada seorang laki-laki lewat sambil memanggul anaknya di atas pundak. “Saya tidak pernah melihat kemiripan seekor gagak dengan burung gagak lainnya semirip anak itu dengan ayahnya tersebut!,” kata Umar ketika melihat orang tersebut. 

“Wahai Amirul Mukminin, sungguh anak ini lahir ketika ibunya sudah meninggal dunia,” kata orang itu. “Celaka engkau! Bagaimana itu bisa terjadi?” Tanya Umar. Orang itu berkata, “Waktu itu, saya tergabung dalam suatu misi demikian dan demikian, sementara istriku sedang hamil. Ketika hendak pergi, saya pamit kepada istriku dan berkata, “Saya titipkan janin yang ada dalam perut ini kepada Allah”. 

Singkat cerita, saya pun pulang dari misi tersebut. Lalu, saya diberitahu bahwa istriku telah meninggal dunia. Pada suatu malam, saya sedang duduk-duduk di Baqi’ bersama para sepupuku. Tiba-tiba, saya melihat sebuah cahaya mirip lentera di pemakaman. “Cahaya apa itu?” Tanyaku kepada para sepupuku. “Tidak tahu. Setiap malam, kami melihat cahaya itu di kuburan istrimu,” jawab mereka. 

Lantas, saya mengambil kapak dan pergi ke kuburan yang mengeluarkan cahaya tersebut. Ternyata, setelah sampai di sana kuburannya merekah dan terbuka, dan saya melihat anak ini berada dalam dekapan ibunya. Ketika saya beranjak mendekatinya, tiba-tiba terdengar suara berkata, “Wahai orang yang menitipkan kepada Tuhannya, ambillah titipanmu itu. Sungguh, seandainya dulu engkau juga menitipkan ibunya kepada Allah, niscaya engkau juga akan mendapatkannya kembali.” Lalu, saya pun mengambil anak ini, lalu kuburan mulai menutup kembali.

------------------------------------------------------------
sumber : 500 Kisah Orang Sholeh, Karya Ibnul Jauzi. Penerbit Pustaka al-Kautsar, Cetakan Pertama hal. 148

Post a comment for "Kisah Seseorang Yang Menitipkan Anaknya Kepada Allah"

KISAH UNGGULAN
Kisah Serbuk Kayu Berubah Menjadi Gandum
KISAH UNGGULAN
Kisah Roti Yang Ia Sedekahkan Berubah Menjadi Manusia
KISAH UNGGULAN
Ia Mencungkil Matanya Karena Berbuat Dosa