Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kisah Suami Istri Yang Cerai Karena Dihasut Oleh Penguasa


Diceritakan dari Maisarah; Alkisah, ada seorang abid (ahli ibadah) dari Bani Israil berprofesi sebagai buruh kasar yang bekerja dengan alat sekop. Dia punya seorang istri yang sangat cantik sekali, bahkan bisa dikatakan salah satu perempuan Bani Israil tercantik. Kemudian, berita tentang kecantikan istrinya itu pun sampai juga ke telinga salah satu penguasa Bani Israil waktu itu. 

Lantas, si penguasa mengirim seorang nenek untuk menemui istri si abid tersebut dan mempengaruhinya supaya dia benci kepada suaminya dan bersedia menikah dengan si penguasa. Lalu, si nenek itu pun pergi untuk menjalankan perintah si penguasa. “Apakah engkau rela menjadi istri dari laki-laki yang bekerja sebagai buruh kasar?! Jika engkau mau menikah dengan si penguasa, niscaya dia akan memberimu perhiasan emas, pakaian sutera, dan hidupmu akan dilayani oleh para pelayan,” kata si nenek kepadanya.

Benar saja, akhirnya dia termakan hasutan dan bujuk rayu tersebut. Sejak saat itu, dia mulai berubah sikap terhadap suaminya. Sebelumnya, dia setia menyiapkan makan dan tempat tidur untuk suaminya. Akan tetapi, sekarang dia tidak mau lagi melakukan hal itu. “Wahai istriku, perilaku apa ini?! Kenapa sekarang engkau berubah dan tidak lagi seperti istriku yang saya kenal selama ini?!,” kata si suami kepadanya. “Seperti itulah, sebagaimana yang engkau lihat sendiri!,” jawabnya.

Akhirnya, si abid pun menceraikan istrinya itu. Setelah dicerai, lantas dia dinikahi oleh si penguasa. Pada malam pertama, pada saat hendak bercumbu, tiba-tiba si penguasa buta dan istri barunya itu pun juga buta. Ketika, si penguasa hendak menyentuh tubuh istrinya, tiba-tiba tangannya layu. Begitu juga halnya yang dialami oleh istrinya, ketika dia menggerakkan tangannya hendak menyentuh tubuh si penguasa, tiba-tiba tangannya juga menjadi layu. 

Tidak hanya itu saja, mereka berdua juga tiba-tiba tidak bisa mendengar, tidak bisa bicara dan kehilangan nafsu birahi. Pada pagi harinya, kondisi mereka berdua pun diketahui oleh orang orang. Lantas, hal itu dilaporkan kepada salah seorang nabi Bani Israil. Lalu, sang nabi mengadukannya kepada Allah.

Lalu, Allah berfirman, “Aku tidak akan mengampuni mereka berdua. Mereka berdua mengira bahwa apa yang mereka berdua lakukan terhadap si buruh kasar itu tidak Aku lihat dan ketahui.” Kisah senada juga diceritakan dari Salman.

---------------------------------------------------------
sumber : 500 Kisah Orang Sholeh, Karya Ibnul Jauzi. Penerbit Pustaka al-Kautsar, Cetakan Pertama hal. 202-203

Post a comment for "Kisah Suami Istri Yang Cerai Karena Dihasut Oleh Penguasa"

KISAH UNGGULAN
Kisah Serbuk Kayu Berubah Menjadi Gandum
KISAH UNGGULAN
Kisah Roti Yang Ia Sedekahkan Berubah Menjadi Manusia
KISAH UNGGULAN
Ia Mencungkil Matanya Karena Berbuat Dosa