Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kisah Umar Memberikan Baju Gamis Satu-satunya Kepada Orang Badui


Diceritakan dari Abdul Wahab bin Abdillah bin Abi Bakrah, dia berkisah; Hari itu, ada seorang pria badui menemui Umar bin Al-Khathab dan berkata, “Hai Umar Al-Khair, semoga engkau mendapatkan surga Berilah anak-anak perempuanku dan ibunya pakaian Jadilah engkau perisai buat kami dari zaman Saya bersumpah, agar engkau memenuhi permintaan ini”

“Jika saya tidak mau, maka lantas apa yang akan terjadi?” Tanya Umar.

Pria badui itu berkata, “Jika begitu, wahai Abu Hafsh, saya akan pergi.” “Jika engkau pergi, terus apa yang akan terjadi?” Tanya Umar lagi.

Pria badui itu berkata, “Jika begitu, wahai Abu Hafsh, saya akan pergi.” “Jika engkau pergi, terus apa yang akan terjadi?” Tanya Umar lagi. 

Pria badui kembali bersenandung, “Demi Allah, sungguh kelak engkau akan ditanya tentangku pada hari di mana pemberian membawa berkah dan kebaikan Saat itu manusia ditanya dan dimintai pertanggungjawaban berujung pada satu dari dua tempat, neraka atau surga”

Mendengar hal itu, Umar menangis, hingga jenggotnya basah oleh air mata. Lalu, dia berkata kepada pembantunya, “Berikan gamisku ini kepada orang itu karena hari tersebut, bukan karena syairnya.” Kemudian, Umar berkata, “Demi Allah, sungguh, hanya itu yang saya punya.” (Lihat; Adab Ad-Dunia wa Ad-Din (1/245).

-------------------------------------------------------
sumber : 500 Kisah Orang Sholeh, Karya Ibnul Jauzi. Penerbit Pustaka al-Kautsar, Cetakan Pertama hal. 242

Post a comment for "Kisah Umar Memberikan Baju Gamis Satu-satunya Kepada Orang Badui"

KISAH UNGGULAN
Kisah Serbuk Kayu Berubah Menjadi Gandum
KISAH UNGGULAN
Kisah Roti Yang Ia Sedekahkan Berubah Menjadi Manusia
KISAH UNGGULAN
Ia Mencungkil Matanya Karena Berbuat Dosa