Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sebuah Pesan Dari Abu Dzar


Diceritakan dari Nafi’ Ath-Thahi, dia berkata; Waktu itu saya berpapasan dengan Abu Dzar. “Siapa engkau?” Tanya Abu Dzar kepadaku. “Saya dari Irak.,” jawabku. “Apakah engkau tahu Abdullah bin Amir?” Tanya Abu Dzar kepadaku. “Ya, saya tahu,” jawabku. “Dulu, dia biasa mengaji bersama saya dan selalu menyertaiku. Akan tetapi, kemudian dia memilih untuk mencari jabatan kekuasaan.” 

Abu Dzar berkata, Jika engkau nanti datang ke Basrah, tolong temui dirinya. Jika dia berkata kepadamu, “Apakah engkau ada keperluan yang bisa saya bantu?” Maka, katakan kepadanya, “Saya ingin berbicara empat mata denganmu.” Kemudian, sampaikan kepadanya bahwa engkau adalah utusan Abu Dzar. Lalu, sampaikan salamku kepadanya dan sampaikan pula pesanku berikut, “Sesungguhnya, kami juga makan kurma, minum air dan hidup sama seperti engkau.”

Ketika tiba di Basrah, saya melakukan apa yang diperintahkan oleh Abu Dzar tersebut. “Apakah engkau ada keperluan yang bisa saya bantu?” Tanya Abdullah bin Amir kepadaku. “Saya ingin berbicara empat mata denganmu, semoga Allah memperbaiki dirimu,” jawabku. “Saya ini adalah utusan Abu Dzar,” kataku kepadanya. 

Mendengar hal itu, dia langsung tertegun dan tampak serius mendengarkan. “Abu Dzar titip salam kepadamu dan berkata; Kami juga makan kurma, minum air dan hidup sama sepertimu,” kataku menyampaikan pesan Abu Dzar untuknya. Lantas, dia melonggarkan kerah bajunya dan menutupkannya ke kepala sambil menangis, hingga kerah bajunya basah oleh air mata. (Shifatu Ash-Shafwah (1/133).

----------------------------------------------------------
sumber : 500 Kisah Orang Sholeh, Karya Ibnul Jauzi. Penerbit Pustaka al-Kautsar, Cetakan Pertama hal. 149

Post a comment for "Sebuah Pesan Dari Abu Dzar"

KISAH UNGGULAN
Kisah Serbuk Kayu Berubah Menjadi Gandum
KISAH UNGGULAN
Kisah Roti Yang Ia Sedekahkan Berubah Menjadi Manusia
KISAH UNGGULAN
Ia Mencungkil Matanya Karena Berbuat Dosa