Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Setiap Kali Menggali Kubur Terdapat Ular Hitam di Dalamnya




Dari Abdul Hamid bin Mahmud, dia berkata; Waktu itu, saya sedang bersama Ibnu Abbas ketika ada seorang pria datang menemuinya dan bercerita seperti berikut; 

Kami pergi menunaikan ibadah haji. Pada saat kami berada di bukit Shafa, salah satu kawan kami meninggal dunia. Lantas, kami menggali kuburan untuk memakamkannya. Setelah lubang kuburan jadi dan kami hendak memakamkannya, kami dikagetkan dengan keberadaan ular hitam besar di liang lahad. 

Lalu, kami membuat galian yang baru, tapi kejadian yang sama terulang, ada seekor ular hitam besar di dalam liang lahad yang baru kami buat tersebut.

Kemudian, kami membuat lubang baru lagi, dan kejadian yang sama pun terulang lagi. 

Kemudian, kami meninggalkan jasad kawan kami itu dan pergi ke sini menemuimu untuk menanyakan apa yang mesti kami lakukan.

Ibnu Abbas berkata, “Itu adalah amal perbuatan yang pernah dilakukan oleh kawan kalian tersebut. Pergi dan kuburkan saja kawan kalian itu di salah satu lubang yang telah ada. Demi Allah, sungguh di mana pun di muka bumi ini kalian membuat galian kuburan untuknya, maka hal yang sama akan selalu terjadi.” 

Akhirnya, kami pun menguburkan kawan kami itu di salah satu lubang yang ada. Kemudian, setelah pulang dari haji, kami datang menemui istri almarhum untuk menanyakan kepadanya tentang apa sebenarnya yang pernah dilakukan oleh almarhum.

Si istri berkata, “Dia adalah seorang penjual makanan. Setiap hari, dia mengambil jatah makanan untuk keluarganya. Kemudian, dia mengambil bubuk gandum lalu dia campurkan ke dalam makanan keluarganya. Adapun dia sendiri memakan makanan untuk keluarganya yang dia ambil.”

----------------------------------------------------------
sumber : 500 Kisah Orang Sholeh, Karya Ibnul Jauzi. Penerbit Pustaka al-Kautsar, Cetakan Pertama hal. 224-225

Post a comment for "Setiap Kali Menggali Kubur Terdapat Ular Hitam di Dalamnya"

KISAH UNGGULAN
Kisah Serbuk Kayu Berubah Menjadi Gandum
KISAH UNGGULAN
Kisah Roti Yang Ia Sedekahkan Berubah Menjadi Manusia
KISAH UNGGULAN
Ia Mencungkil Matanya Karena Berbuat Dosa