Binatang Buas Penghuni Lembah Pun Lari

Berjihad adalah suatu amal yang sangat mulia. Bahkan berjihad adalah puncaknya amal. Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Pkok perkara adalah Islam,sedangkan tiangnya adalah shalat dan puncaknya adalah jihad di jalan Allah". Orang yang berjihad dijalan Allah pasti Allah akan mudahkan baginya jalannya. Allah subhanahu wa ta'ala berfirman, "Dan orang-orang yang berjihad di jalan Kami, maka Kami akan tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami" (QS. al-Ankabut: 69).

Demikianlah memang, jika kita berjuang/berjihad di jalan Allah, ikhlas karena Allah, dan tidak adak maksiat di dalamnya, maka pastilah Allah akan memenangkan dan menolong kita. Allah akan menunjukkan dan mempermudah jalan kita. Berikut ini adalah kisah sahabat Uqbah bin Nafi' dan pasukannya yang ia pimpin. Mereka mendapatkan pertolongan/kemudahan/karomah dari Allah subhanahu wa ta'ala karena mereka sedang berjihad di jalan Allah.

Kisah tersebut tertuang di dalam kitab Siyar A'lamin Nubala, karya adz-Dzahabi rahimahullah. Beliau (maksudnya adz-Dzahabi) menukilkan kisah dari al-Waqidi, yang menyebutkan bahwa sahabat Uqbah bin Nafi' telah dipersiapkan oleh Khalifah Mu'awiyah untuk melakukan penaklukan ke daerah Afrika. Uqbah bin Nafi memimpin pasukan yang berjumlah 10.000 personil. Setelah mereka berhasil menaklukan Afrika, kemudian mereka mendirikan barak pangkalan (kemah) di sana.

Perlu diketahui, disaat itu Afrikan adalah masih berbentuk hutan belukar, masih banyak binatang-binatang buas dan ular berbisa. -- sampai sekarang (artikel ini ditulis) pun di sana masih banyak binatang buas, seperti singa, ular dll. --

Sebelum mendirikan barak pangkalan (kemah), sahabat Uqbah bin Nafi' pun berdo'a kepada Allah subhanahu wa ta'ala agar semua penghuni hutan yang ada di situ pergi, sehingga tidak ada seekor binatang buas pun yang tersisa. Binatang-binatang buas itu seketika pergi dengan membawa anak-anaknya.

Di dalam riwayat yang lain, Musa bin Ali meriwayatkan dari Ayahnya, bahwa ayahnya berkata, "Sahabat Uqbah bin Nafi' berkata, 'Wahai penghuni hutan, sesungguhnya kami hendak singgah di tempat ini, oleh karena itu pergilah kalian dari sini!'. Semua binatang-binatang buas yang ada di hutan itu pun keluar dari sarang-sarang mereka untuk melarikan diri".

Di dalam riwayat yang lain lagi, dari Muhammad bin Amr menyebutkan riwayat yang semisal, diriwayatkan dari Yahya bin Abdurrahman bin Hatib, dai berkata, "Ketika Uqbah bin Nafi' melakukan penaklukan ke negeri Afrika, dia berkata, 'Wahai para penghuni lembah, Insyaallah kami akan singgah di lembah ini, maka pergilah!'. Sahabat Uqbah bin Nafi' mengucapkan hal demikian sebanyak tiga kali. Tidak lama setelah dia mengucapkannya. Maka kami melihat binatang-binatang itu keluar dari sarang-sarang mereka, keluar dari lubang tanah dan pepohonan, semuanya pergi meninggalkan lembah!. Kemudian sahabat Uqbah bin Nafi' mengatakan kepada pasukannya, 'Menetaplah kalian di lembah ini dengan mengucapkan bismillah'".

Pelajaran Kisah

Allah akan membantu kita jika kita berjihad di jalan Allah. Allah akan memudahkan jalan kita/memenangkan kita dari musuh-musuh Allah, jika kita benar-benar berjihad di jalan Allah, ikhlas karena Allah, dan tidak ada maksiat di dalamnya (semua pasukannya bertakwa kepada Allah) sebagaimana yang telah di alami oleh sahabat Uqbah bin Nafi' dan pasukannya.