Singa Mengantarkan Makanan Untuknya

Singa Mengantarkan Makanan Untuknya

Allah yang Maha Pemberi Rezeki (ar-Razzaq) sangat mudah bagi-Nya untuk memberi rezeki kepada siapapun yang Dia kehendaki. Dia memberi rezeki kepada seorang hamba dengan berbagai macam cara bahkan dengan cara yang tidak dinyana-nyana. Terlebih lagi jika Allah ingin memberikan rezeki kepada hambanya yang sholeh, kepada para walinya, maka Allah akan bukakan baginya rezeki seluas-luasnya, Allah akan berikan rezeki dengan cara yang tidak disangka-sangka. Sebagaimana kisah berikut..

Kisah ini disebutkan di dalam buku kisah "500 Orang Sholeh" karya Ibnul Jauzi rahimahullahu ta'ala. Suatu ketika Abu Ibrahim al-Yamani sedang bersama dengan Ibrahim bin Adham (waliyullah). Mereka berdua sedang berjalan-jalan di tepian pantai. Di saat mereka berdua menyusuri tepian pantai, mereka mendapati banyak semak belukar dan kayu-kayu kering.

Abu Ibrahim al-Yamani berkata, "Wahai Abu Ishaq (sebutan untuk Ibrahim bin Adham), nampaknya tempat ini cocok untuk kita bermalam dan kita membuat bakar-bakaran di sini". Ibrahim bin Adham menjawab, "bagus juga".

Akhirnya mereka berbagi tugas, salah seorang dari mereka ada yang ditugaskan untuk pergi ke istana atau benteng untuk mengambil api, sedangkan salah seorang yang lainnya ditugaskan untuk mengumpulkan kayu-kayu kering yang akan dibakar.

Setelah Api Unggun dibuat, mulailah mereka menghangatkan diri dari dinginnya angin pantai, dan mendekatkan dirinya ke api sambil menikmati makanan roti yang telah mereka bawa sebelumnya.

Di saat seperti ini, Abu Ibrahim al-Yamani berkata, "Wah api ini cocok sekali untuk memanggang daging". Ibrahim bin Adham segera menimpali, "Sungguh Allah subhanahu wa ta'ala sangat kuasa untuk memberi kalian makan (daging panggang)".

Belum lama mereka berbincang-bincang mengucapkan kalimat itu, tiba-tiba saja mereka melihat bahwa ada seekor rusa yang sedang dikejar-kejar oleh singa. Rusa tersebut lari dengan sangat kencang ke arah kami. Lalu rusa tersebut terjatuh di depan kami sehingga membuat lehernya patah tulang.

Lantas Ibrahim bin Adham pun berdiri dari tempat duduknya dan kemudian mendekati rusa yang terjatuh seraya berkata, "Allah telah mengirimkan rusa ini untuk kita". Ibrahim bin Adham pun segera mengambil pisau dan menyembelihnya. Maka mereka pun memanggang rusa dan menyantapnya malam itu.

Pelajaran Kisah

Allah akan memberikan rezeki kepada siapapun yang Dia kehendaki. Jangan khawatir dengan masalah rezeki (takut kekurangan rezeki) karena untuk masalah rezeki Allah sudah menjamin masing-masing rezeki dari seorang hamba. Bahkan Allah 'mewajibkan' dirinya untuk memberikan rezeki seseorang hingga tuntas sebelum ajalnya menjemput.

Jadi, tidak perlu risau dengan yang namanya rezeki, sudah ada jatahnya masing-masing. Terlebih kepada para kekasih dan para walinya. Allah akan bukakan pintu rezeki kepada mereka seluas-luasnya, Allah akan berikan mereka rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka. Sebagaimana kisah tersebut, mereka baru saja terbayang, terlintas dalam benak mereka, tapi Allah sudah kabulkan mereka, Allah datangkan kepada mereka daging yang mereka inginkan. Apalagi jika mereka berdo'a dan meminta sungguh-sungguh kepada Allah?

Semoga kita termasuk menjadi orang-orang yang sholeh dan menjadi salah satu orang yang dicintai oleh-Nya. Aamiinn...

Sumber: 500 Kisah Orang Sholeh. Karya Ibnul Jauzi, halaman 331-332.

Ahmad Sibyan

Hai, saya adalah penulis di website ibrahkisah.com. Tempat tinggal saya saat ini berada di Bekasi. Pekerjaan saya sehari-hari adalah menulis dan mengajar sebagai guru di sekolah.

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال