Tentang Kami

Ibrahkisah.com adalah website yang berisi tentang kisah-kisah nyata yang unik dan menarik yang kemudian kami ambil ibrahnya (yaitu hikmah dan pelajaran dari kisah tersebut). Umumnya kami selalu mencantumkan ibrahnya di bagian akhir dari setiap penggalan kisah. Semoga bermanfaat.

Latar Belakang

Dibuatnya website ibrahkisah.com bermula dari kegundahan kami tentang dunia pendidikan hari ini yang sudah semakin menjauh dari ajaran Agama Islam. Termasuk dalam hal cara mendidik anak, karena pendidikan hari ini tidak menjadikan "kisah" sebagai salah satu metode dalam mendidik. Padahal di dalam al-Quran sendiri muatan kisah itu sangat banyak. Sepertiga dari al-Quran adalah kisah. As-Suyuthi rahimahullahu ta'ala di dalam kitabnya al-Itqon ketika menjelaskan Surat al-Ikhlas adalah sepertiga dari al-Quran, berikut salah satu penjelasannya, "Ada juga yang berpendapat bahwa al-Quran berisi: Kisah, Syariat dan Sifat".

MaasyaAllah, sepertiga dari al-Quran adalah kisah. Bayangkan saja, al-Quran sebagai pedoman bagi manusia dan sepertiganya adalah kisah. Dengan kata lain al-Quran memberikan pedoman/mendidik kita dengan metode kisah. Apalagi jumlahnya sangat besar yaitu sepertiga dari al-Quran itu sendiri. Oleh karena itulah kami tergerak untuk memunculkan website ibrahkisah.com sebagai bagian dari upaya mengembalikan kisah sebagai salah satu metode dalam mendidik. Semoga dengan kisah-kisah yang kami muat di ibrahkisah.com bisa memberikan pedoman/pendidikan/manfaat bagi semuanya.

Fokus Kami

Fokus ibrahkisah.com adalah kisah. Sekilas mungkin website ibrahkisah.com sama dengan website-website lainnya yang berisi tentang kisah-kisah. Namun, website kami lebih difokuskan lagi pada ibrahnya (pelajaran dari kisah). Karena hal yang terpenting dari sebuah kisah adalah apa ibrahnya. Sebagaimana tujuan kisah yang disebutkan di dalam al-Quran surat Yusuf ayat 11.

Visi dan Misi

Visi : Menciptakan generasi yang qurani dan generasi para pemimpin bumi. Sebagaimana generasi anak-anak sentuhan Nabi. Generasi yang telah diridhoi oleh Sang Pencipta Bumi. Mereka adalah generasi Para Sahabat Nabi. Merekalah generasi yang telah teruji untuk memimpin bumi. Dan merekalah generasi yang telah melalui pendidikan metode pendidikan qurani (kehidupan mereka dipandu oleh Wahyu).

Misi : Menjadikan kisah sebagai salah satu metode dalam mendidik generasi. Sebagaimana generasi qurani anak-anak sentuhan Nabi yang sudah disebutkan di atas, mereka menjadi generasi yang qurani dan memimpin bumi adalah karena mereka telah melalui pendidikan yang qurani (metode pendidikan al-Quran). Dan salah satu metode al-Quran dalam menyampaikan pedoman/ajaran/pendidikan bagi manusia adalah dengan cara "kisah".

Histori Website

Website ini dibuat pada tanggal 20 Oktober 2019 berdasarkan postingan pertama di website ini. Saat pertama kali dibuat website ini belum memakai domain TLD (top level domain) dan masih memakai domain gratisan dari blogger atau blogspot. Pada awalnya website ini beralamatkan https://pendidikannabi.blogspot.com. Alamatnya sesuai dengan tujuan kami yaitu tentang pendidikan.

Setelah berjalan beberapa waktu kemudian, alhamdulillah, pada tanggal 8 Agustus 2020 akhirnya kami bisa beralih dari domain gratisan dari blogger atau blogspot menjadi domain yang TLD (top level domain) dan alamatnya berubah menjadi ibrahkisah.com. Berubah alamatnya dari "Pendidikan Nabi" menjadi "Ibrah Kisah" dikarenakan konsen kami lebih condong kepada kisah.

YouTube Kami

Selain kisah-kisah yang kami muat dalam bentuk tulisan di website ibrahkisah.com, kami juga menyediakan kisah-kisah dalam bentuk audio dan visual di Channel YouTube Resmi kami di youtube.com/ibrahkisah. Mungkin akan bisa lebih bermanfaat bagi Anda yang tidak suka membaca namun lebih suka mendengar. Semoga bermanfaat.