Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tentang Kami


Kami hadir sebagai bentuk keprihatinan kami dengan pendidikan sekarang ini. Yang bisa terbilang 'masih kurang' atau 'belum sesuai' dengan cara Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam mendidik. Karena di lembaga-lembaga pendidikan saat ini belum bisa menghadirkan kisah sebagai salah satu metode untuk mendidik. Mengapa tidak ada berkisah di lembaga-lembaga pendidikan bahkan yang islami sekalipun? padahal jika membuka al-Qur'an sebagai pedoman bagi orang-orang yang beriman, kita akan menjumpai bahwa muatan kisah adalah 1/3 dari al-Qur'an itu sendiri. Itu adalah besar yang tidak bisa kita diabaikan.

Kisah-kisah di dalam al-Qur'an adalah bukan dongeng. Kisah-kisah yang dimuat didalamnya adalah kisah-kisah nyata, mengkisahkan tentang para nabi-nabi dan ummat terdahulu. Dan kisah-kisah tersebut mengandung banyak ibrah (pelajaran). Allah berfirman :

"Sungguh, pada kisah-kisah mereka itu terdapat pengajaran bagi orang yang mempunyai akal. (al-Qur'an) itu bukanlah cerita yang dibuat-buat, tetapi membenarkan (kitab-kita) yang sebelumnya, menjelaskan segala sesuatu, dan (sebagai) petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman" (QS. Yusuf : 11) 

Karena itulah sebagai bentuk sumbangsih kami terhadap pendidikan, masa depan generasi islam, kami mencoba menyuguhkan kisah-kisah nyata yang penuh dengan hikmah. Kisah-kisah yang kami muat adalah bersumber dari buku-buku dan kitab-kitab ulama klasik yang memang sudah terbukti ke otentikannya. Seperti Qashashul Anbiya, al-Bidayah wa Nihaya karya al-Imam Ibnu Katsir.

Semoga dengan kisah-kisah yang kami suguhkan bisa membantu para pendidik, orang tua dan guru-guru untuk berkisah. Menjadi salah satu sumber referensi bagi mereka untuk berkisah. Semoga Allah memudahkan kita semuanya untuk mendidik generasi, dan menjadikan mereka generasi yang faqih dan qur'ani.

Youtube Ibrah Kisah

Selain website Ibrah Kisah, kami juga menyediakan youtube Ibrah Kisah dengan konten-konten yang kurang lebih sama dengan website Ibrah Kisah. Disana kami sajikan kisah-kisah dalam bentuk video yang bisa dilihat dan didengarkan di sini :  button youtube ibrah kisah